Selasa, 10 Agustus 2010

Rindu Semarang Memiliki Jalur Sepeda

Pagi hari seperti biasa Ari Purbono anggota DPRD Kota Semarang dari Fraksi PKS setelah subuh bersepeda dengan LTB Giant merahnya. Rute kebiasaan wakil ketua komisi B  ini dimulai dari rumahnya Tegalsari – Sriwijaya - Tanah Putih – Kaliwiru – Akpol - Taman Diponegoro – Siranda – Veteran – naik tanjakan Sumbing – Rinjani  view – s parman –Tanjakan  Gajahmungkur – belok kanan makam Belanda – Tumpang  – Sampangan – Stikubank –Kopertis – IKIP – Veteran – Untag – Unika – GOR Jatidiri – Sultan Agung – Tegalsari.  


Selasa pagi (10/8), sehari menjelang puasa seperti biasa Ari keluar bersepeda pukul 05.45. Karena hari itu Ari memiliki agenda yang padat, ia memutuskan mengambil rute hanya sampai Siranda lalu kembali pulang.  Ari ngontel sepeda dari Tegalsari – Kawi Taman Diponegoto – Siranda.  Namun ketika sampai di sekitar jalan  Vinahouse depan resorver PDAM, ada orang yang sengaja menyengol sepeda bagian belakang Ari. Musibah pun terjadi. Ari terjatuh dari sepedanya.
Ari tetap berusaha berdiri dan mengejar pelaku. Namun karena kondisinya yang luka berdarah, Ari memutuskan kembali ke rumah. Sampai di rumah Ari segera dilarikan di RSUD Ketileng, Gendong untuk mendapatkan perawatan.
Alhamdulillah tim dokter UGD segera menangani. Di bawah pimpinan dokter Abimanyu, tim yang terdiri dari dokter Muhlisin, Sutrisno, dan perawat lainnya bekerja dengan cepat. Ari langsung ditangani. Dagunya yang  robek dijahit enam. Bibir tertancap gigi depan dua yang patah 2 cm lalu dijahit empat jahitan. Kemudian telinga mengeluarkan darah. Dan perwatan selanjutnya Ari dipindah ke RS Roemani.
Sehari sebelum kecelakaan, Senin malam (9/8)  setelah pulang kantor, Ari masih menyempatkan diri menghadiri FGD yang diadakan LSM Pattiro di resto Indo Joglo  hingga pukul 22.00. Diskusi tentang RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) yang memuat visi dan misi Walikota Semarang yang baru.  Salah satu impian dan komitmen Ari bagaimana Semarang memiliki jalur sepeda.  Di dalam draf KUA dan PPAS , APBD perubahan tahun 2010 belum dimasukkan program jalur khusus sepeda. Impian Ari, Semarang memiliki jalur khusus sepeda.
Rencananya dalam pembahasan darf PPAS perubahan 2010, Ari akan memperjuangkan jalur sepeda khusunya di simpang lima. Ini merupakan kerinduan warga kota semarang, terutama pencinta sepeda seperti Komunitas Sepeda Tua Indonesia, Semarang Onthel Community (SOC) dan sebagainya. 
Semoga kejadian di pagi hari ini yang dialami Ari Purbono mengetuk walikota baru dan siapapun pengguna jalan untuk lebih berempati dengan sesama ngguna jalan. Cukup sekali terjadi pada Ari Purbono, tidak pada yang lain. Semarang Rindu Memiliki jalur sepeda. []

Tidak ada komentar:

Posting Komentar