Rabu, 06 Juli 2011

PASAR SAMPANGAN SIAP DITEMPATI

     SETELAH didata, Pasar Sampangan hampir siap untuk ditempati. Direncanakan, pada November mendatang sebanyak 234 pedagang sudah bisa menikmati gedung pasar yang baru.
Relokasi sendiri baru akan dilakukan setelah lebaran.
    Kepala Dinas Pasar Kota Semarang, Abdul Madjid mengatakan, sesuai dengan perencanaan pasar yang dibangun di atas tanah seluas 2.400 m2 itu, rencananya akan menampung sekitar 400 pedagang. Adapun dana APED Kota Semarang yang dikeluarkan untuk pembangunan pasar tersebut sekitar Rp 14,58 miliar dengan rincian tahap pertama Rp 4,6 miliar dan tahap kedua Rp 9,98 miliar.
    "Sebanyak 15 kios berukuran 3 x 3 meter, 142 kios berukuran 2 x 3 meter, dan untuk los berukuran 2 x 1,5 meter. Jadi, total di pasar itu terdiri atas 157 kios, 324 los, dan 1 kantor pengelola Dinas Pasar. Pendataan terakhir, pedagang yang siap mencapai 234 orang dari 350 pedagang yang tercatat memiiiki izin,"paparnya, kemarin.
    Terpisah, Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Semarang Ari Purbono meminta Dinas Pasar untuk menghindari praktik jual beli kios ataupun los. "Persoalan itu biasanya muncul setelah pasarselesai dibangun dan ketika akan menempati, para pedagang lama terpinggirkan. Dinas Pasar harus memprioritaskan pedagang yang lama dahulu," harapnya.
Ia menambahkan pengaturan teknis penempatan lama ketempat yang baru harus sesuai dengan komitmen yang disepakati antara Pemkot dengan para pedagang lama. "Penempatan harus berdasar pada urutan prioritas yang akan mendapatkan kios atau
los di pasar tersebut," katanya lagi.

Harian Semarang, 6 Juli 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar